Rabu, 03 November 2010

New Media


Secara Estimologi Istilah New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. kata "New" dalam bahasa Inggris Memiliki arti Baru, berarti berhubungan dengan waktu. Seperti dengan adanya perubahan pada era modern serta bantuan teknologi computer, maka konsumen dapat menikmatinya secara atraktif. Jadi tidak menutup Kemungkinan semakin bertambahnya waktu, dan perubahan Zaman, para konsumen akan semakin mudah dan Nyaman dalam Menggunakan New Media, karena dengan di tambahkannya Fitur-Fitur terbaru.
   Sedangkan kata Media berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi atau bahasa simpelnya media berarti perantara, seperti koran, koran merupakan contoh dari media lama. jadi jika kedua kata tersebut digabungkan akan didapatkan arti, perantara terbaru, atau cara penerima informasi untuk mendapatkan Informasi terbaru.
   Lalu Apakah komputer dapat dikatan New Media? banyak Orang beranggapan bahwa Komputer merupakan contoh dari new media, tetapi jika dilihat lagi, komputer hanyalah sebuah mesin biasa, dan tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk menjadi New media. 
   Sebenarnya New Media terbentuk dari Interaksi antara manusia dengan Komputer dan Internet secara khusus didalam termasuk Web, Blogs, Online Social network, Online Forum, dll. yang menggunakan komputer sebagai Media'ny. Sekarang ini Masyarakat sudah tidak asing lagi istilah Web, blog, Terutama Jejaring Sosial seperti Facebook, Twitter Dll. karena dengan ada'ny jejaring Sosial Tersebut Masyarakat di harapkan dapat berkenalan, bahkan dapat bertemu dengan teman lama'ny. Fungsi lain dari new media sebagai jejaring sosial juga sebagai alat penjual barang yang sedang di gemari saat ini, penjualan barang lebih banyak di lakukan melalui iklan di jejaring sosial tersebut. Itu merupakan sebagian kecil dari manfaat New Media. Namun belakangan ini banyak sekali orang yg menyalahgunakan New Media sebagai tindak kejahatan seperti penculikan manusia, penipuan dan bahkan sebagai alat penjualan manusia.
  Untuk itu di harapkan kemajuan teknologi di dukung oleh penyuluhan dan perlindungan terhadap para pemakai new media terutama para pelajar di bawah usia yg sering menggunakan internet tanpa mengetahui lebih banyak mengenai dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar